Selasa, 06-02-2024 09:05

By Budianto , S.Kom., Gr.

620 Kali

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X DI SMK NEGERI TUGUMULYO

Runita Kristiana,S.Pd

Email:runitakristiana51@guru.smk.belajar.id

Program Studi Pendidikan Matematika

PPG Dalam Jabatan Univesitas PGRI Madiun


Penelitian tindakan ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan tahap pembelajaran berbantuan media power point dan video pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmetika . Subjek penelitian sebanyak 30 siswa SMK jurusan RPL. Data dikumpulkan denganteknikobservasi, LKPD,tes,dan dokumentasi.Pengumpuldata menggunakan instrumen lembar observasi, , dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman konsep barisan dan deret dilakukan melalui ceramah dengan dukungan media power point dan video pembelajran dan LKPD. Untuk memantapkan pemahaman konsep siswa menjawab pertanyaan dalam LKPD secara berkelompok.Latihan menyelesaikan masalah. Penyelesaian masalah dilakukan secara berkelompok dan kelompok mempresentasikan jawabannya untuk mendapatkan tanggapan kelompok lain. Keberhasilan ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar pada setiap siklus. Pada akhir penelitian terdapat 80,76% siswa yang tuntas belajar. Dengan demikian, tahapan model pembelajaran Probleam Based Learning (PBL) dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika.


selengkapnya dapa dibaca atau diunduh pada link berikut :

Lihat / Download

share :